Kota Tangerang Berhasil Meraih Penilaian WTP Dalam Laporan Keuangan Tahun 2012

Pemerintah Kota Tangerang, Banten, kembali berhasil meraih penghargaan di bidang keuangan dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan untuk tahun 2012.

“Ini adalah penghargaan yang keenam kalinya untuk perolehan WTP yang diraih oleh Pemkot Tangerang,” kata Wali Kota Tangerang Wahidin Halim di Tangerang, Senin.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Banten I Nyoman Wara dan diterima oleh Wali Kota Tangerang Wahidin Halim dalam acara  Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2012 Kab/Kota Se Provinsi Banten.

Wahidin mengatakan, penghargaan WTP merupakan dari hasil kerja keras seluruh aparatur Pemerintah Kota Tangerang, sehingga mampu menjadikan pembangunan pemerintahan yang akuntable dan transparan serta terwujudnya pemerintahan yang baik.

Lalu, prestasi ini pun menempatkan Kota Tangerang menjadi satu-satunya pemerintah kota di Indonesia yang dapat mempertahankan WTP secara berturut-turut sejak tahun 2007.

Dikatakannya bahwa untuk meraih WTP, Pemkot Tangerang telah berhasil melakukan pengendalian internal secara baik dalam hal ini fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) secara berkelanjutan dan komprehensif.

Evaluasi bulanan kepada seluruh SKPD serta pertemuan setiap minggu menjadi bagian rutin yang kerap dilakukan.

Namun demikian Wahidin berpesan bahwa penghargaan ini hendaknya jangan disikapi secara berlebihan karena perlu sifat kejujuran harus menjadi bagian dari kehidupan kita yang hakiki.

Selain itu, Pemkot juga didukung oleh para pegawainya yang handal dan mempunyai kompetensi dalam mengelola keuangan.

“Di tingkat internal, sekecil apapun temuan inspektorat terhadap SKPD langsung ditindaklanjuti,” katanya.

Wahidin pun memberikan apresiasi terhadap seluruh anggota DPRD Kota Tangerang yang telah bersinergi dengan Pemkot Tangerang dalam membangun pemerintahan yang baik.

Ketua BPK RI I Nyoman Wara mengatakan bahwa dari enam Kabupaten/Kota yang hadir seperti Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandegelang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang, Kota Serang dan Kota Cilegon, hanya Kota Tangerang yang memperoleh opini WTP.

Diakuinya bahwa sampai saat ini memang belum ada kenaikan opini, namun sudah ada peningkatan pada kualitas laporan keuangannya.

Oleh karenanya diharapkan agar kabupaten/kota yang belum mendapatkan opini WTP dapat terus berupaya melakukan perbaikan dalam setiap pelaporan keuangannya serta terus meningkatkan pengawasan internal.

“Untuk wilayah yang memperoleh opini WTP seperti Pemkot Tangerang, agar dapat terus mempertahankan keberhasilan ini,” ujarnya. (Adv)

Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar